Rivadin’s Blog
Meniti jalan menuju kemuliaan…

Manfaat Zinc Pada Diare

Zinc merupakan salah satu zat gizi mikro yang penting untuk kesehatan dan pertumbuhan anak. Zinc yang ada dalam tubuh akan menurun dalam jumlah besar ketika anak mengalami diare. Untuk menggantikan zinc yang hilang selama diare, anak dapat diberikan zinc yang akan membantu penyembuhan diare serta menjaga agar anak tetap sehat.

Sejak tahun 2004, WHO dan Unicef menandatangani kebijakan bersama dalam hal pengobatan diare yaitu memberikan oralit dan zinc selama 10-14 hari. Hal ini didasarkan pada penelitian selama 20 tahun (1980-2003) yang menunjukkan bahwa pengobatan diare dengan pemberian oralit disertai zinc lebih efektif dan terbukti menurunkan angka kematian akibat diare pada anak-anak sampai 40%.

Manfaat Zinc

Pada saat diare, anak akan kehilangan zinc dalam tubuhnya. Pemberian zinc mampu menggantikan kandungan zinc alami tubuh yang hilang tersebut dan mempercepat penyembuhan diare. Zinc juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah resiko terulangnya diare selama 2-3 bulan setelah anak sembuh dari diare.

Berdasarkan studi WHO selama 20 tahun, manfaat zinc sebagai pengobatan diare adalah :

  1. Mengurangi prevalensi diare sebesar 34%
  2. Menurangi insidens pneumonia sebesar 26%
  3. Mengurangi durasi diare akut sebesar 20%
  4. Mengurangi durasi diare persisten sebesar 24%
  5. Mengurangi kegagalan terapi atau kematian akibat diare persisten sebesar 42%

Kemampuan zinc untuk mencegah diare terkait dengan kemampuannya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Zinc merupakan mineral penting bagi tubuh. Lebih dari 300 enzim dalam tubuh yang bergantung pada zinc. Zinc juga dibutuhkan oleh berbagai organ tubuh, seperti kulit danĀ  mukosa saluran cerna. Semua yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh, memerlukan zinc. Jika zinc diberikan pada anak yang sistem kekebalan tubuhnya belum berkembang dengan baik, maka akan dapat meningkatkan sistem kekebalan dan dapat melindungi anak dari penyakit infeksi. Itulah sebabnya kenapa anak yang diberikan zinc (sesuai dosis) selama 10 hari berturut-turut beresiko lebih kecil untuk terkena penyakit infeksi, diare dan pneumonia.

Zinc harus diberikan selama 10 hari berturut-turut. Pemberian zinc harus tetap dilanjutkan meskipun diare sudah berhenti. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan ketahanan tubuh terhadap kemungkinan berulangnya diare pada 2-3 bulan ke depan.

About these ads

One Response to “Manfaat Zinc Pada Diare”

  1. bagus deh….


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: